Saturday, December 8, 2012

Tips Meningkatkan Daya Ingat (alami)

Awas sering lupa memicu pikun usia dini. Lupa dan ingat adalah 2 hal yang sering dialami manusia. Dengan mengingat hal penting pasti membuat urusan kita lebih mudah, sebaliknya kalau sering lupa jadi orang yang cepat pikun.
Disini saya tulis 6 cara yang dapat meningkatkan kemampuan mengingat. Semoga artikel ini dapat menjadi terapi yang bermanfaat.

1. Mencium rosemary saat bangun pagi.

Pada penelitian tahun 2003, para psikolog meminta beberapa relawan untuk melakukan uji coba tentang ingatan jangka panjang. Beberapa orang melakukan tes itu di ruangan yang tidak ada bau, beberapa di ruangan dengan bau wangi dari minyak esensi rosemary, dan ada yang bekerja dengan bau wangi minyak lavender. Hasilnya, mereka yang bekerja di ruangan beraroma rosemary merasa lebih terjaga dibandingkan dengan mereka yang bekerja di ruangan tanpa bebauan apa-apa. Sedangkan yang bekerja di ruangan berbau lavender malah lebih jelek dalam hal kerja ingatan.

2. Makanan untuk menambah daya ingat
 

Konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan seperti misalnya blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel serta yang paling penting adalah omega-3 yang berfungi agar otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi neuron-neuron yang tersambung dengan baik. Omega-3 banyak ditemukan di jenis ikan dan kacang-kacangan.

3. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet ternyata dapat memberikan hasil yang lebih baik pada uji ingatan jangka-panjang dan jangka pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apa-apa.

Para ilmuwan menduga, permen karet akan menghasilkan air liur yang kemudian meningkatkan denyut jantung.

4. Permainan otak

Olahraga otak klasik dan murah meriah, seperti Sudoku dan teka-teki silang bisa menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak saling bersambungan.

5. Tidur.

Hal ini dipercaya untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru.

6. Berjalan kaki

Bagi orang dewasa yang beranjak tua rutinlah melakukan jalan kaki, karena dapat mempertahankan volume hippocampus.Lakukanlah jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit.

0 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

There was an error in this gadget